Begini Cara Cerdas Mempersiapkan Pengajuan KPR Yang Efektif

0
429
views
Begini Cara Cerdas Mempersiapkan Pengajuan KPR Yang Efektif

Begini Cara Cerdas Mempersiapkan Pengajuan KPR Yang Efektif – Harga rumah dijual di jakarta yang kian hari kian meningkat membuat masyarakat kesusahan untuk membeli rumah. Pasalnya memiliki rumah sendiri sudah menjadi impian setiap orang. Sering pula perencanaan yang kurang matang membuat impian untuk memiliki rumah sendiri selalu kandas karena banyaknya kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Namun sebenarnya memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang tidak mungkin asal diikuti dengan komitmen yang kuat dan perencanaan yang matang. Membeli rumah sendiri dapat dilakukan dengan tunai ataupun melalui KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dari pihak bank.

Saat ini masyarakat lebih banyak memilih membeli rumah dengan menggunakan metode KPR karena lebih ringan. Namun, tak semua pengajuan KPR diterima oleh pihak bank. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan persiapan yang matang sebelum mengajukan KPR seperti dibawah ini.

Baca Juga : Berikut Beberapa Desain Meja Rias Untuk Kamar Mandi

Berikut cara cerdas mempersiapkan pengajuan KPR yang efektif

1. Buat target dari jauh-jauh hari

Karena harga rumah yang termasuk mahal, tentu anda perlu persiapan yang matang dari jauh-jauh hari. Buatlah target berapa harga rumah yang nantinya akan anda beli dengan menggunakan KPR. Jangan lupa juga untuk memperkirakan harganya di tahun mendatang karena tiap tahun harga rumah pasti akan selalu naik.

Dengan adanya target dan perencanaan yang matang, perhitungan anda tidak akan jauh meleset dari harga ketika anda mengajukan KPR nantinya. Tak hanya itu, anda jadi bisa lebih leluasa menabung karena sudah tahu gambaran pembiayaan rumah nantinya.

2. Buat buku kas

Penting juga bagi anda untuk membuat buku kas yang mencatat segala pemasukan dan pengeluaran anda. Dengan begitu anda bisa mengetahui bagaimana arus keluar-masuk dana dengan jelas. Anda bisa membuat buku kas manual ataupun dengan aplikasi buku kas online.

Tak hanya itu, dengan buku kas, anda juga bisa membatasi pengeluaran anda setiap bulannya. Dengan begitu, menabung akan jadi lebih disiplin dan mudah tentunya.

3. Tabung di bank yang memiliki fasilitas KPR

Kini sudah terdapat banyak bank yang menawarkan berbagai fasilitas terutama KPR. Jadi sebaiknya bukalah tabungan di bank yang sudah memiliki fasilitas KPR. Alasannya adalah karena pihak bank tentu akan menjadikan hal tersebut sebagai poin tambahan untuk referensi persetujuan apabila nantinya anda mengajukan permohonan KPR di bank tersebut.

4. Beli emas

Apabila tiap bulannya anda sudah rutin menabung di bank, anda bisa menerapkan strategi lain untuk menambah budget anda. Salah satunya adalah dengan investasi emas. Perlu diketahui, emas termasuk salah satu jenis investasi yang nilainya sangat jarang terkena inflasi malahan cenderung naik.

Belilah emas pada saat harganya turun dan jual kembali pada saat harganya naik. Lakukan terus menerus maka cara ini dapat menambah budget anda untuk membeli rumah dengan KPR nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here