5 Kesalahan Saat Beli Rumah Yang Harus Dihindari!

0
55
views
5 Kesalahan Saat Beli Rumah Yang Harus Dihindari!

5 Kesalahan Saat Beli Rumah Yang Harus Dihindari! –¬†Proses beli rumah dijual di surabaya memang harus benar-benar dipikirkan dengan matang. Pastikan juga untuk tidak salah langka agar tidak menyesal kedepannya. Menurut beberapa survei, hal ini memang kerap terjadi. Kebanyakan kasus seperti ini terjadi karena kurangnya ketelitian dan kecermatan saat mencari rumah dan saat bertransaksi.

Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi apabila anda melakukan riset ataupun survei terlebih dahulu. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu anda dalam bertransaksi properti. Agen properti juga dapat menjadi konsultan anda dan membantu anda memilih keputusan yang tepat.

Nah, agar proses transaksi rumah atau properti lain berjalan lancar, pastikan untuk menghindari 5 kesalahan berikut ini.

Baca Juga : Begini 4 Tips Mudah Mengusir Kecoak di Rumah

Berikut 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Yang Harus Dihindari!

1. Tidak mengamati lingkungan sekitar

Sering kali calon pembeli rumah terlalu buru-buru dalam mengambil keputusan karena tergiur dengan harga murah ataupun tampilan rumah yang indah. Sebenarnya penting sekali untuk memastikan dahulu bagaimana lingkunan di sekitar rumah tersebut.

Usahakan untuk meluangkan waktu dan mensurvei lingkungan sekitar. Pastikan apakah lingkungan tersebut rawan macet, banjir ataupun tindak kriminalitas. Anda juga bisa menanyakan kondisi lingkungan sekitar kepada para tetangga ataupun warga sekitar.

2. Memilih KPR dengan tenor tercepat

Apabila anda berencana untuk membeli rumah dengan metode KPR, sebaiknya hindari pemilihan cicilan KPR dengan tenor tercepat. Perlu diingat, semakin singkat tenor waktu yang diambil maka akan semakin berat pula angsuran yang harus dibayar tiap bulannya.

Anda harus turut memperhitungkan pengeluaran anda untuk keperluan sehari-hari lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih tenor waktu cicilan yang sesuai dengan kemampuan anda.

3. Percaya dengan janji-janji lisan

Karena harga rumah yang termasuk besar dan merupakan transaksi besar, jangan pernah mencoba untuk mempercayai janji-janji lisan dari penjual rumah. Pastikan agar semua perjanjian tertulis dan ditandatangai oleh kedua belah pihak, bila perlu sekalian disertai dengan materai.

Meski yang dijanjikan merupakan hal-hal kecil seperti bonus AC atau perabotan lain, alangkah baiknya untuk dimasukkan kedalam akta jual-beli.

4. Tidak menyiapkan biaya tambahan

Saat membeli rumah, terdapat beberapa hal tambahan yang harus dibayar seperti biaya pajak, biaya legal dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan untuk menyiapkan biaya tambahan agar proses transaksi berjalan lancar. Jika anda tidak mengetahui apa saja yang harus diurus selain biaya rumah yang dibeli, cobalah untuk tanyakan dan konsultasikan kepada agen properti anda.

5. Tidak diasuransikan

Banyak orang yang menyepelekan dan menganggap tidak penting asuransi rumah. Padahal asuransi rumah sangat penting untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana ataupun hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran dan lain-lain.

Dengan adanya asuransi pada rumah anda, anda tidak perlu khawatir lagi untuk memperbaiki atau membangun ulang rumah jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun jika anda membeli rumah secara KPR, maka otomatis rumah anda akan diasuransikan oleh pihak bank guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Itulah 5 kesalahan saat beli rumah yang harus dihindari. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here