4 Jenis Listing Properti Yang Wajib Agen Properti Ketahui!

0
23
views
4 Jenis Listing Properti Yang Wajib Agen Properti Ketahui!

4 Jenis Listing Properti Yang Wajib Agen Properti Ketahui! – Pekerjaan sebagai agen properti akhir-akhir ini semakin diminati oleh banyak kalangan. Oleh karena itu, untuk menjadi agen properti terbaik di Medan, anda juga dituntut untuk memiliki wawasan yang lebih luas lagi seputar dunia properti.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut dibutuhkan untuk menunjang tugas anda dalam melayani klien yang sedang mencari rumah ataupun yang ingin menjual rumahnya. Salah satu hal yang harus diketahui oleh para agen properti di Medan dan seluruh Indonesia adalah istilah-istilah yang sering disebut dalam dunia properti, salah satunya yakni listing.

Listing sendiri merupakan sebuah iklan yang dipasang di media properti online. Nah, listing sendiri ada beberapa jenis. Penasaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :


Berikut 4 jenis listing properti yang wajib agen properti ketahui

Exclusive Listing

Seperti namanya, listing yang satu ini bersifat eksklusif. Artinya, listing ini hanya terikat pada satu agen properti saja yang telah ditunjuk oleh si pemilik properti. Properti yang dijual hanya boleh dijual dan dipasarkan oleh agen properti yang telah di beri mandat. Bahkan anggota keluarga dari pemilik properti tersebut tidak boleh melakukan penjualan properti tersebut. Jangka waktu dari penjualan dan pemasaran dari properti juga disepakati oleh kedua belah pihak.

Sole Agent

Hampir sama dengan Exclusive Listing, Sole Agent juga bersifat terikat pada satu agen properti yang telah ditunjuk oleh pemilik properti. Bedanya adalah si pemilik juga memiliki hak untuk melakukan penjualan properti tersebut.

Open Listing

Open Listing tidak bersifat terikat pada satu agen properti saja. Semua orang / agen properti di Batam dan seluruh Indonesia boleh menjual dan memasarkan properti tersebut. Intinya adalah siapa yang bisa membawa calon pembeli dan deal dengan harga yang telah ditentukan oleh pemilik propertilah yang berhak menjual dan mendapatkan komisi. Apabila pembeli rumah membeli tanpa bantuan agen properti, maka ia tidak perlu membayar komisi kepada agen properti.

Net Listing

Net Listing adalah jenis listing yang telah diberikan harga net atau harga minimal penjualan oleh pemilik properti. Harga tersebut diluar dari biaya lain yang harus dibayar seperti komisi, pajak ataupun biaya notaris.

Itulah 4 jenis listing properti yang wajib agen properti ketahui. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here